Review 5 Tool untuk Keamanan Jaringan

 

         Keamanan Komputer yaitu proses pencegahan yang dilakukan oleh penyerang untuk terhubung ke dalam jaringan komputer melalui akses yang tidak sah, atau penggunaan secara ilegal dari komputer dan jaringan. Setelah berhasil membangun jaringan komputer perlu diperhatikan proses keamanan pada jaringan tersebut, untuk menjaga privasi pada jaringan kita dan mencegah serangan yang bertujuan untuk merusak, menganggu, bahkan mencuri data pada jaringan kita. Untuk itu kita perlu mengamankan jaringan kita dari serangan yang merugikan.

Berikut ini adalah 5 tool untuk mengamankan jaringan anda :

1. Wireshark

Wireshark merupakan software untuk melakukan analisa lalu-lintas jaringan komputer, yang memiliki fungsi-fungsi yang amat berguna bagi profesional jaringan, administrator jaringan, peneliti, hingga pengembang piranti lunak jaringan. Wireshark dapat membaca data secara langsung dari Ethernet, Token-Ring, FDDI, serial (PPP dan SLIP), 802.11 wireless LAN, dan koneksi ATM. Program ini juga sering digunakan oleh chatters untuk mengetahui ip korban maupun para chatter lainnya lewat typingan room. Tool wireshark dapat menganalisa transmisi paket data dalam jaringan, proses koneksi dan transmisi data antar komputer.

2. Nessus

nessus

Nessus adalah scanner untuk mengetahui celah keamanan komputer, baik komputer anda atau komputer siapapun. Kemampuannya yang lengkap sebagai Vulnerability Scanner sangat bisa diandalkan karena didukung dengan fitur high speed discovery, configuration auditing, asset profiling, sensitive data discovery, dan vulnerability analysis of our security posture.

3. Glary Utilities

Glary Utilities adalah freeware dengan membersihkan registry dan disk, perlindungan privasi, akselerator kinerja dan alat multifungsi menakjubkan. Hal ini dapat memperbaiki kesalahan registri mantap, menyeka mengacaukan, mengoptimalkan kecepatan internet, mengamankan file rahasia dan mempertahankan kinerja maksimum. Ini adalah aplikasi user friendly dengan arah yang jelas dan rinci. Sebagian besar tugas dapat dilakukan dalam satu atau dua langkah. Ini memiliki lima kategori yang berbeda – Clean Up & Perbaikan, Optimalkan & Meningkatkan, Privasi & Keamanan, File & Folder dan System Tools sehingga membuat aplikasi ini sangat kuat. Versi berbayar aplikasi ini juga tersedia dan mendukung beberapa fitur yang lebih canggih.

4. Ad-ware

Ad-Aware adalah aplikasi lain freeware (juga tersedia dalam versi berbayar) yang memberikan perlindungan real time dari virus. Anda dapat menginstalnya sebagai program Anti-spyware yang melindungi komputer dengan cara yang berbeda. Versi freeware dari AD-Aware mendukung sejumlah fitur keamanan termasuk Game Mode, Safe Browsing, Scanning Direct, Perlindungan Download dan banyak fitur keamanan lainnya. Waktu perlindungan nyata yang ditawarkan oleh program ini melindungi Anda dan teman Anda saat pesan, chatting, atau berkomunikasi di situs jejaring sosial.

5. Netcat : The network Swiss army knife

Netcat adalah jaringan komputer layanan untuk membaca dan menulis koneksi jaringan menggunakan TCP atau UDP . Netcat dirancang untuk menjadi diandalkan “back-end” perangkat yang dapat digunakan secara langsung atau mudah didorong oleh program lain dan skrip. Pada saat yang sama, itu adalah kaya fitur jaringan debugging dan alat investigasi, karena dapat menghasilkan hampir semua jenis korelasi yang Anda perlukan dan memiliki sejumlah built-in kemampuan.
Beberapa fitur utama netcat adalah:

  • Outbound atau inbound koneksi, TCP atau UDP, ke atau dari port
  • DNS penuh maju / mundur pemeriksaan, dengan peringatan yang tepat
  • Kemampuan untuk menggunakan port sumber lokal
  • Kemampuan untuk menggunakan alamat jaringan sumber lokal dikonfigurasi
  • Built-in port-scanning kemampuan, dengan pengacakan
  • Built-in longgar source-routing kemampuan
  • Dapat membaca argumen baris perintah dari input standar
  • Lambat-kirim modus, satu baris setiap N detik
  • Hex dump dari data yang dikirim dan diterima
  • Opsional kemampuan untuk membiarkan layanan lain program yang dibentuk koneksi
  • Opsional telnet-pilihan responden
  • Fitur modus tunneling yang memungkinkan juga khusus tunneling seperti UDP ke TCP, dengan kemungkinan menentukan parameter jaringan semua (port sumber / antarmuka, mendengarkan port / interface, dan remote host diperbolehkan untuk terhubung ke terowongan.)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s