Firewall

Dunia jaringan komputer atau biasa disebut networking computer tidak bisa dipisahkan dengan Firewall (tembok api). Bagi orang awam yang tidak mengenal tentang jaringan komputer beserta security (keamanannya) mungkin masih bingung tentang istilah firewall ini. Meskipun saat ini beberapa sistem operasi terkemuka yang ada di komputer maupun di notebook sudah dilengkapi dengan fitur firewall yang bisa diaktifkan dan dimatikan kapan saja.

Pengertian firewall yaitu sebuah sistem atau perangkat keamanan khususnya pada jaringan komputer yang bertugas untuk menjaga lalu lintas data di dalam jaringan komputer berjalan dengan aman, dan dalam waktu bersamaan juga mencegah lalu lintas data yang tidak aman untuk masuk di dalam jaringan komputer.

Sesuai dengan namanya yaitu Firewall yang bila diterjemahkan secara bebas artinya tembok api, firewall bertugas ibaratnya sebuah tembok api yang berada di tengah-tengah lalu lintas data sebelum lalu lintas tersebut memasuki sistem jaringan yang kita miliki, jika firewall menganggap lalu lintas tersebut tidak aman untuk masuk ke dalam jaringan kita, maka firewall akan membloknya, jika dianggap aman maka firewall akan mengijinkan lalu lintas data tersebut masuk ke jaringan kita dan kitapun bisa mengakses data tersebut dengan mudahnya.

Fungsi Firewall

Firewall biasanya di implementasikan pada sebuah gateway atau pintu gerbang pada jaringan komputer, kebanyakan saat ini firewall digunakan untuk menutuppi celah keamanan antara dua jaringan atau network yang berbeda, sehingga jaringan lokal yang berada di bawah firewall bisa terbebas dari serangan-serangan yang tidak di inginkan dan merugikan.

Agar berjalan dan bekerja sesuai tugasnya maka firewall setidaknya harus difungsikan sebagai :

1. Paket filtering
Fungsi firewall sebagai paket filtering disini adalah memfilter sebuah paket yang berasal dari jaringan lain menuju jaringan lokal. Fungsi filter disini adalah firewall harus bisa menentukan apakah paket data yang masuk tersebut bisa diteruskan ke tujuan atau tidak.

2. Proxy
Firewall juga bisa difungsikan sebagai proxy, hampir sama dengan paket filtering proxy bertujuan untuk mengamankan jaringan lokal dari paket data yang tidak diinginkan. Contoh firewall yang bisa berfungsi sebagai proxy seklaigus dan sangat populer di dunia jaringan komputer adalah squid

3. Monitoring jaringan
Firewall juga bsia berfungsi untuk memonitoring lalu lintas data dalam jaringan yang kita kelola. Monitoring jaringan ini sangat dibutuh sekali terkait dengan penggunaan bandwith yang dipakai oleh sebuah jaringan. Batasan-batasan besarnya paket data yang boleh keluar masuk dalam periode waktu tertentu harus selalu termonitor untuk memastikan keamanan jaringan yang kita miliki.

Karakteristik Firewall

Ada dua jenis karakteristik firewall jika dilihat dari fungsi firewall tersebut, yaitu :

1. Personal Firewall
Personal firewall merupakan firewall yang digunakan oleh individu atau pribadi untuk membentengi komputer PC ataupun notebook dari serangan serangan berbahaya yang datang dari luar (biasanya internet). Personal firewall ini biasanya berbentuk software yang sudah terbundel dalam sebuah sistem operasi yang digunakan, bisa juga berupa software yang harus diinstall terlebih dahulu seperti misalnya anti virus. Personal firewall sangat bermanfaat untuk mencegah spyware, spamming, dan virus masuk ke komputer atau notebook kita

2. Network Firewall
Network firewall khusus difungsikan pada sebuah jaringan komputer untuk keamanan jaringan. Tersedia bermacam-macam jenis firewall untuk neetwork firewall ini, contohnya adalah ISA Server, Cisco PIX, Cisco ASA, dan IP Tables. Semua jenis firewall tersebut fungsinya hanya satu, yaitu mengamankan jaringan komputer.Itulah ulasan pengertian firewall, fungsi beserta karakteristik dari firewall. Tidak ada buruknya untuk mempelajari sistem keamanan dengan firewall untuk menjaga akses jaringan dan komputer kita semua dari serangan yang berbahaya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s